10 Cara Mengatasi Android Lemot yang Mudah tanpa Biaya

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Android Lemot yang Mudah tanpa Biaya
Cara Mengatasi Android Lemot yang Mudah tanpa Biaya

Android merupakan software ternama untuk sejumlah ponsel pintar yang sekarang banyak beredar di pasaran. Tidak semua masyarakat mampu membelinya dengan spesifikasi RAM besar, sehingga terkadang lemot. Jangan khawatir karena ada cara mengatasi android lemot tanpa biaya juga mudah.

Beberapa Cara Mengatasi Android Lemot tanpa Biaya dan Mudah

Bagi kalian yang masih sangat awam dengan teknologi tidak perlu khawatir dalam menangani ponsel pintar berbasis android yang kinerjanya lemot. Mencoba beberapa cara mudah serta gratis di bawah ini dapat merubah nya menjadi lancer tanpa harus membeli printilan serta bongkar membongkar.

Bacaan Lainnya

1. Selalu Sadari Besarnya Memori Ponselmu

Terkadang keinginan mengunduh berbagai macam aplikasi tidak bisa terhindarkan sehingga lupa jika ponsel mereka hanya memiliki jumlah atau kapasitas RAM terbatas. Langkah dan percaya cukup sadari saja berapa besarnya memori Ram hingga internal, jika dirasa sudah tersisa sedikit coba hapus filenya.

2. Unduhlah Satu Aplikasi Antivirus

Cara kerja aplikasi antivirus akan berjalan secara terus menerus pada background ponsel Anda sehingga jika mengunduh atau mempunyai lebih dari satu, tentunya kinerja androidmu akan melambat alias lemot. Terlebih lagi jika dibekali RAM berkapasitas kecil, jangan harap sistem bekerja optimal.

Baca Juga :  Sudah Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17 dan Tips Agar Lolos

3. Pilihlah Aplikasi yang Multifungsi

Multifungsi disini adalah serbaguna, contohnya saja daripada mengunduh aplikasi antivirus ganda lebih baik carilah sistem aplikasi yang mampu membuat performa ponselmu lebih baik sekaligus mendeteksi virus pada perangkat. Clean master merupakan salah satu yang sering digunakan oleh masyarakat.

4. Menggunakan Fitur Auto Kill

Pengguna android pasti sangat mengenali Recent Apps, yaitu tumpukan aplikasi yang sudah dibuka maupun sedang digunakan bahasa dalam komputer adalah minimize. Nah, kalian bisa menghapus atau menghentikan aplikasi tertunda dengan Auto Kill, rajin-rajinlah mengeceknya serta menghapus semua.

5. Jika Perlu Selalu Update Software

Pada dasarnya tidak semua ponsel mampu menerima software jenis terbaru karena kinerjanya dirasa terlalu berat tetapi RAM kurang mumpuni. Oleh sebab itu, jika perlu dan ponselmu mampu update selalu software minimal aplikasinya. Biasanya android keluaran lama belum compatible melakukannya.

6. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Widget

Widget sering dikenal oleh pengguna ponsel android sebagai jalan pintas atau shortcut. Memang dengan mengaktifkannya tampilan sistem menjadi lebih menarik namun jika berlebihan alih-alih mempercantik malah memperlambat kinerja ponselmu.

7. Cek Berkala Aplikasi Yang Sudah Tidak Terpakai

Terkadang ada kalanya aplikasi yang ada di ponselmu hadir namun tidak pernah dipakai. Hal tersebut tentunya akan menjadi beban RAM sehingga membuatnya kurang bekerja secara maksimal. Cek secara berkala di dalam app info, hentikan dan hapus semua aplikasi  tak terpakai agar RAM optimal kembali.

8. Non Aktifkan Auto-Sync di Ponsel

Auto Sync adalah fitur dimana media pada aplikasi tersimpan secara otomatis di dalam data email atau jika di ponsel xiaomi bisanya masuk ke m icloud. Nah, biasanya hal seperti ini malah akan membuat ponselnya stuck ketika proses sync lalu akan berdampak pada kinerja sistem android Anda.

Baca Juga :  2 Cara Download Video di Ig Tanpa Aplikasi

9. Kembalikan Sistem ke Pabrikan Awal

Factory Reset adalah jalan terbaik ketika ponsel android mengalami stuck atau lemot, karena mengembalikannya ke setelan awal tentu saja membuatnya menjadi seperti baru. Memang kalian harus kerja dua kali lipat karena memindahkan file penting namun hasilnya akan sepadan.

10. Simpan File Berat ke dalam MicroSD

Tanpa disadari sebenarnya microSD tetap masih dibutuhkan, terutama untuk membagi berbagai file data di dalam ponsel android sehingga memori internal tidak terlalu penuh. Selain RAM, internal memory juga mempengaruhi gerak sistem kinerjanya dengan membagi tentunya meringankan.

Penutup

Beberapa cara mengatasi android lemot tanpa biaya di atas layak dicoba ketika ponsel Anda mengalami nasib serupa, mungkin stuck ketika proses aplikasi berjalan bahkan lambat dalam merespon. Sebelum tergesa-gesa menservicenya, cobalah dulu 10 cara tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *